FanFiction.Net
Just In
Community
Forum
V
More
for The Gossip Guys

1/2/2014 c1 13Reyne Dark
Hai, Bawang Merah,
Berhubung aku penasaran...banged dengan fictmu, ya udah iseng baca dan... langsung jawdrop. Wokow, 81 chapter? sepertinya sebelum baca aku sudah pingsan dulu (abaikan yang ini). Jadi, aku cari fict dengan chapter yang rada dikit (di bawah 50 chapter) lagian aku juga mau mudik jam 10an (akhirnya jadi mudik jam 12an setelah review fictmu selama 2 jam) pagi ini dan akhirnya nemu fict ini.
Pertama, ini mengenai koreksiku, coba cek bagian kata di awal-awal cerita (baris pertama) bulak bulik, atau bolak balik? Lalu, menurut aku rada kepanjangan ya. "Siang itu, (gunakan tanda koma sebagai jeda karena ini aturan EYD) kelompok bocah-bocah anggota kawanan serigala La Push..." bagaiamna kalau diganti dengan "Anggota kelompok serigala La Push..." (ini nama geng atau kelompok band atau benar kelompok binatang (kawanan) ya? #bingung)
Yang kedua, kepanjangan juga. Kalimat kedua paragraf kedua. Harusnya kamu beri tanda titik sebagai jeda. Kalau seperti ini, artinya menahan nafas. "...dengan hobinya main perintah sambil menggerutu (titik)" Lalu baru dilanjutkan kata "Betapa menyebalkannya harus patroli di saat seharusnya (mungkin ini bisa dihapus) ia (sedang) bermain (atau mungkin bersama atau berkencan) dengan kekasihnya. (Akhirnya cantumkan ini), (cantumkan tanda koma karena ini peraturan EYD)..." dan mungkin maksud kamu "Ben adalah pemusik yang jenius di kelompok band-nya." atau mungkin yang lain. Entahlah.. #angkatbahu
Yang ketiga, mungkin maksudnya adalah "Brady menjadi vokal kedua mendampingi Ben" dan kata "oke" mungkin bisa dihapus dan disambung dengan kalimat sebelumnya sehingga "...Agak tidak elit, memang. Tetapi (walau)bagaiamanpun atau walaupun begitu, Collin adalah..."
Yang keempat, "Setelah satu jam latihan dan beristirahat, mereka tidak dapat kembali latihan. Apa pasal?" kata "Apa pasal" kok seperti bahasa malaysia? mungkin maksudnya "Apa masalahnya?"
Yang kelima, AHahahahah... aku ngakak bagian ini. Merajut? ya ampun... #gulinggulinggaje cowo merajut di saat temannya kehilangan stik drum? AHahaha... yang satu lagi menggosip lagi... Cole Colline ya? maksudku nama mereka sama ya? ( namanya Collin dan nama panggilan/ nama akrabnya Cole).
Yang keenam, Merajut belakangan? Apa maksudnya "Cole keranjingan merajut belakangan ini?" lalu kata "...dan seterusnya" cukup ditulis satu kali. Dan "Pete mendelik kepada ketiga sahabatnya yang tidak peduli (mungkin bisa tambahkan kata "pada" atau "akan") masalahnya." Lalu, "Collin lebih peduli (tambahkan kata 'pada' ) rajutannya" atau "Collin lebih memedulikan rajutannya". Lalu kata "asyik" yang benar "asik". Sepertinya di awal cerita ada kata ini deh. kata 'main cewek" sepertinya tepat juga tetapi mungkin lebih tepat lagi kalau "main perempuan". Kata "pink mentereng" yang benar adalah" pink cerah". Lalu, "Di sisi reservasi, hanya Pete sahabatnya (koma, bukan titik), ..." lalu "Peter menikmati persahabatan itu (titik, bukan koma), ..." ngomong-ngomong perbuatan mencontek teman tidak baik. Jadi, jangan ditiru... (abaikan yang ini).
Yang ketujuh, merajut untuk mengendalikan emosi? Kok gitu? Aku rada ingin ngakak saat bagian ini...
Yang terakhir, "Ini sudah sttik yang keberapa bulan ini saja?" apa maksudmu mungkin "Ini sudah stik yang keberapa dalam bulan ini?" dan aku ngakak saat Pete akhirnya tahu kalau stik patah itu milik Pete.
Jujur, karena aku tidak suka Twilight, saat baca fictmu aku berasumsi pasti aku tidak bisa baca karena tidak paham cerita dan alurnya. Tetapi ternyata ceritanya ringan dan mudah dipahami. Bagus kok dan aku suka tetapi ya...karena typho 'cukup' banyak dan kata-kata yang tidak sesuai ya itu...bagiku rada 'mengganggu'. Tetapi tidak mengurangi rasa sukaku pada fict ini.
Oh, ya, entah kenapa aku merasa fict ini seperti terjemahan ya mengingat ada kata-kata atau kalimat yang tidak sesuai atau tidak sepadan. Apa kamu ambil di novel bahasa inggrisnya lalu ditranslete dan kamu jadikan fict atau bagaimana (bukan maksud apa-apa).
Aku cerewet ya? dan terlalu mendetail menunjukan kesalahan typho dalam fict ini. Mungkin ada typho yang aku lewatkan tetapi karena terlalu lelah (2 jam aku koreksi beginian demi sebuah review balasan). Maaf jika ada kata yang salah yang membuatmu kesal, marah, sakit hati, tersinggung, dll.
Keep writing dan ganbatte! maju terus. Dan kalau boleh request, bisa buat fict anime/manga tidak? Hehehe... n_n
Sincerely,
Sherry Scarlet
12/15/2013 c1 rhie
hahaha..
iseng aja deh kaka.. XD
12/3/2013 c1 29Aconitum Ferox
-_-. TT_TT.
Ya ampun Collin.
Ringan banget yah kak?
Hahaha. Dasar nih.

Twitter . Help . Sign Up . Cookies . Privacy . Terms of Service